Kamis, 09 Januari 2014

Fungsi dan Peran Mahasiswa

Fungsi dan Peran Mahasiswa

Apa itu mahasiswa ?? apa  perbedaan mahasiswa dengan siswa ??? apakah mahasiswa setara derajatnya dengan siswa ???. Siswa jika di sekolah belajar, ada guru, dan lain-lain tapi mahasiswa juga sama belajar, ada guru/ dosen juga. Jadi apa perbedaan nya antara siswa dengan mahasiswa ???. Siswa adalah orang-orang yang belajar menuntut ilmu di sekolah baik di sekolah dasar maupun sekolah menengah.
Sedangkan pengertian mahasiswa di bedakan menjadi dua yaitu maha yang artinya tinggi, paling, lebih, besar dari pada yang lain sedangkan siswa artinya adalah orang yang belajar atau menuntut ilmu. Jadi menurut pendapat saya Mahasiswa adalah orang-orang yang belajar atau menuntut ilmu di perguruan tinggi atau universitas atau juga sekolah tinggi lainnya. Mahasiswa memiliki kedudukan paling tinggi di masyarakat. Oleh karena itu peran dan fungsi mahasiswa sangat di perlukan oleh masyarakat. Dengan peran dan fungsi tersebut sudah seharusnya mahasiswa berpikir bukan untuk dirinya sendiri tapi juga untuk orang di sekitarnya.
Peran dan fungsi mahasiswa terdiri sebagai berikut :
1. Agen of change atau berperan sebagai agen perubahan
Mahasiswa sebagai agen of change. Mungkin kata-kata agen sering identik dengan penyalur atau perantara atau sales sedangkan change adalah perubahan yang lebih baik lagi. Jadi mahasiswa sebagai agen of change menurut pendapat saya adalah mahasiswa sebagai perantara perubahan yang lebih baik lagi dari masyarakat. Mahasiswa mendapat kesempatan lebih untuk mengengeluarkan pendapatnya kepada pemerintah. Dengan adanya mahasiswa aspirasi masyarakat tentang kebijakan pemerintah bisa di sampaikan dengan baik oleh mahasiswa. Kebijakan yang di keluarkan oleh pemerintah tentang perubahan undang-undang atau yang lainnya dapat di protes oleh mahasiswa dengan kreasi nya dalam menyuarakan pendapatnya.
2. Social control atau berperan sebagai kontrol sosial
Masyarakat merupakan sekumpulan orang yang berbeda sifat, ras, suku, agama, tingkah laku, dan lain sebagainya. Dengan perbedaan-perbedaan tersebut konflik atau pertikaian bisa saja terjadi di antara mereka. Misalnya perbedaan agama bisa menjadi konflik yang serius jika tidak ada toleransi antar masyarakat tersebut. Dengan demikian peran mahasiswa sangat dibutuhkan untuk menjadi kontrol atau penengah di dalam masyarakat. Mahasiswa yang baik bisa menjadi mengontrol masyarakat yang ada di sekitar nya sehingga konfilk yang terjadi bisa di atasi dengan baik.
3. Iron stock atau berperan sebagai penerus
Apakah yang dimaksud dengan iron stock ???. yang dimaksud dengan iron stock yang pasti bukan iron man yaa.. hehe. Iron artinya besi atau seterika atau kuat dan keras sedangkan yang di maksud dengan stock adalah persediaan. Jadi mahasiswa sebagai iron stock yaitu
Mahasiswa menjadi persedian yang kuat dan menjadi penerus harapan bagi bangsa. Mahasiswa yang mempunyai intelegensi dan akhlak yang baik dapat menjadi penerus bagi generasi yang sebelumnya. Sebagai pemuda mahasiswa harus memanfaatkan kondisi ini dengan baik. Dengan cara belajar dengan rajin dan baik agar suatu saat nanti menjadi pemimpin bagi bangsa dan negara ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar