Senin, 06 Januari 2014

Sejarah Generasi Bunga



SEJARAH GENERASI BUNGA DI AMERIKA

Generasi Bunga, adalah gerakan besar di  kota-kota Amerika Serikat menentang pemerintahan yang berhaluan perang. Mereka menuntut perang Vietnam selesai secepatnya.
Kisah generasi bunga ini bermula di  tahun 1968, ketika Jenderal Nguyen Ngoc Loan berjalan-jalan sore di  tengah kota Saigon, di tengah perjalanan ia memergoki seorang gerilyawan Vietnam Utara yang lebih dikenal sebagai ‘Vietkong’ sedang digelandang  ke arah rumah tawanan. Jenderal Nguyen Ngoc memanggil komandan jaga  tawanan, dan menyuruh tawanan itu ke dekatnya. Lalu ia dengan santai  mengeluarkan pestol-nya dan menjedorkan peluru ke batok kepala tawanan  yang menangis keras-keras.
Adegan ini kemudian direkam oleh Eddie  Adams lewat kamera-nya dan dikirim ke surat kabar Amerika Serikat.  Sontak saja gambar penembakan Jenderal Nguyen membuat marah jutaan orang Amerika, tak lama kemudian generasi muda Amerika Serikat turun ke jalan lalu mengobarkan gaya hidup separuh bohemian dan menjuluki diri mereka  sebagai : “Generasi Bunga”.
Eddie Adams mendapatkan Pulitzer,  Pemerintahan Amerika Serikat kalah dan Jenderal Nguyen Loc dikenang di  Vietnam sebagai orang terbuas sepanjang sejarah.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar